PLN Bersih: Sebuah Mimpi yang Menjadi Kenyataan

25 Oct 2013

Lima tahun lalu tentu kita tak pernah bermimpi bahwa Direktur Utama PLN, Nur Mahmudi, dianugerahi Bung Hatta Anti-Corruption Award pada pertengahan Oktober 2013 lalu. Sebuah prestasi bersejarah telah ditorehkan oleh PLN, dar Semenjak peninggalan Dahlan Iskan banyak yang khawatir apakah PLN bisa tetap berjaya dan bersih. Namun ketika saya bertemu Pak Dis 2 tahun lalu, beliau kelihatan sangat yakin suksesi kepemimpinan di tubuh PLN berjalan mulus. Pak Dis berujar PLN berisi insinyur-insinyur cerdas dan akan terus bertransformasi menjadi BUMN terbesar dan terbersih di negeri ini.

Konsistensi PLN Bersih Berbuah Bung Hatta Anti-Corruption Award

PLN beruntung bisa memiliki pemimpin sekaliber Nur Pamudji, konsisten beliau dalam memerangi korupsi di tubuh PLN akhirnya berbuah manis dan mendapatkan pengakuan publik. Nur Pamudji banyak berjasa dalam melakukan upaya pembersihan yang sistematis hinga ke level terbawah. Di antara program-program PLN Bersih yang revolusioner adalah pembentukan tim agents of change untuk melakukan sosialisasi antisuap, antigratifikasi, dan antikorupsi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta menjalin kerja sama dengan Transparency International Indonesia (TII) dalam mengkaji ulang proses bisnis pengadaan dan pelayanan pelanggan untuk menutup potensi korupsi dan suap.

“Beliau juga cukup keras dalam menghadapi gangguan politisi dan birokrat yang ingin mendapatkan bagian dari bisnis mereka,” jelas menantu Sutan Takdir Ali Sjahbana itu.

Anugerah BHACA ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali sejak tahun 2004. Dewan Juri BHACA beranggotakan Betti Alisjahbana, Mas Ahmad Santosa, Agung Pambudhi, Rikard Bagun, dan Luky Djani.

Penghargaan ini, kata Betti, merupakan bentuk apresiasi sekaligus dukungan masyarakat kepada sosok-sosok yang berani menghadapi tantangan dan godaan yang besar sekaligus menjadi inspirator bagi tokoh-tokoh lain di posisi yang sama, baik dirut BUMN maupun kepala daerah di seluruh Indonesia.

“Diharapkan, pemberian award ini bisa menjadi beban dan tanggung jawab moral bagi yang menerimanya untuk terus menjaga integritas dan memengaruhi lingkungannya dalam memberantas korupsi,” tandasnya.


TAGS


-

Author

Follow Me