True Story: 5 Strategi Berbisnis Tanpa Modal

27 Mar 2013

Tahukah Anda bahwa 13 Maret 2013 lalu toko online fashion, Zalora (www.zalora.co.id), baru saja mendapatkan suntikan dana investasi sebesar 20 juta Euro dari Tengelmann Group?

Zalora Raup 249 Miliar Hanya dari Toko Online!

Zalora

Jika dirupiahkan dengan kurs Euro sekarang berarti dana investasi dari raksasa ritel Eropa ini setara dengan 249 miliar rupiah! Wow… kucuran dana sebesar 249 miliar digelontorkan hanya untuk sebuah toko online saja? Tunggu dulu, Zalora ini perusahaan masih bayi yang baru berdiri awal tahun 2012 lho, berarti di usianya yang baru menginjak usia 1 tahun, Zalora sudah berhasil menggulung dana hingga ratusan miliar? Fantastis sekali! Padahal Tengelmann Group sendiri merupakan perusahaan yang sudah berdiri 145 tahun lalu dan memiliki 4.000 toko di 15 negara, apakah sebegitu menggiurkannya bisnis toko online bagi perusahaan raksasa Eropa ini? Mari kita simak potensi pertumbuhan toko online di Indonesia dengan me-review salah satu penyedia layanan toko online terbesar di Indonesia: Jejualan.com


Ironis, Toko Online Asing Menguasai Pasar Indonesia

AsingSelain Zalora, dari hari ke hari perkembangan dunia toko online begitu pesat. Setiap hari kita dibombardir dengan iklan-iklan TV dari perusahaan toko online lokal maupun asing, mulai dari Tokobagus.com, Berniaga.com hingga Lazada.co.id. Dengan jumlah pengguna internet yang sudah mencapai 88 juta orang pada tahun 2013, Indonesia kini bagai gadis molek yang memikat hati setiap kaum pria berkantong tebal. Para raksasa internet asing pun berduyun-duyun berdatangan untuk memetik manisnya pasar toko online di Indonesia. Padahal kalau kita lihat dalam 10 tahun terakhir, belum pernah ada perusahaan internet yang berani memasang iklan di media TV. Hal ini dikarenakan tarif iklan di media TV sangatlah mahal (berkisar 30 juta per 30 detik). Namun, dengan omzet toko online yang sudah mencapai miliaran rupiah per hari, tentunya anggaran iklan sebesar miliaran rupiah per bulan di berbagai stasiun TV tanah air kini menjadi begitu terjangkau bagi para perusahaan toko online raksasa di atas. Jika toko online asing saja bisa menjadi Raja di belantara bisnis online Indonesia, lantas ke mana saja para pengusaha muda internet Indonesia selama ini berada? Apa kita sudah puas dengan duduk-duduk manis, hidup 7P (pergi pagi, pulang petang, penghasilan pas-pasan)? Atau kita rela menjadi penonton saja melihat pasar toko online negeri ini yang begitu empuk dan renyah dilahap habis oleh toko online asing? Atau kita mau bergerak bersatu, saling bahu membahu untuk mengalahkan para perusahaan toko online asing di kandang kita sendiri? Mari kita simak potensi pertumbuhan toko online di Indonesia dengan me-review salah satu penyedia layanan toko online terbesar di Indonesia: Jejualan.com. Penulis mencoba berbagi pengalaman yang disarikan dari pengalaman mendirikan toko online tas wanita, LADOVA.com, milik penulis sendiri yang sudah memiliki basis pembeli di 52 kota dan 2 negara, bulan lalu penulis baru saja mencatatkan pertumbuhan omzet 310%! Dengan pertumbuhan kelas menengah Indonesia yang sudah mencapai 100 juta jiwa maka kebutuhan primer orang Indonesia akan busana dan fashion memang menjadi makanan paling gurih untuk dilahap. Silakan menghubungi penulis di order@ladova.com jika berminat menjadi distributor dan reseller kami. Silakan mention @ladova_shop di Twitter jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan seputar bisnis toko online. Selamat membaca…

Pengalaman Pribadi Mendirikan LADOVA Shop

LADOVA Shop

Uang Mengalir ke LADOVA Shop Setiap Hari!
Tidak hanya mendapatkan konsumen dari Indonesia saja, LADOVA Shop terus menggebrak pasar luar negeri. Konsumen kami juga ada yang dari Malaysia. Dengan adanya toko online, kami tidak perlu bersusah payah membayar uang sewa toko yang mahal di Malaysia serta menggaji karyawan. Inilah keindahan toko online, uang mengalir setiap hari tanpa perlu repot menunggui pelanggan datang dan menjaga toko seharian penuh. Tentu pekerjaan menjaga toko offline merupakan pekerjaan yang sangat membosankan, kita jadi tidak bisa bebas pergi kemana-mana selama jam buka toko. Namun dengan adanya toko online, kita seperti keluar dari penjara 3×3 meter dan bebas melakukan aktivitas apa saja yang kita sukai, entah itu bermain masak-masakan atau minum kopi bersama teman-teman SD dulu. Yang pasti selama kita melakukan hal-hal yang kita sukai, uang dari para pembeli terus mengalir dengan deras tanpa bisa kita bendung. Pernahkah Anda membayangkan setiap hari pas bangun pagi, Anda langsung mendapatkan tumpukan SMS dari para pelanggan yang mengatakan bahwa mereka sudah mentransfer uang ke rekening Anda! Indah sekali bukan hidup sebagai pemilik toko online? Keindahan hidup sebagai pemilik toko online ini bisa kita raih tanpa perlu meninggalkan pekerjaan tetap kita yang sekarang. Berikut bukti derasnya uang yang masuk ke rekening LADOVA Shop:

Bukti Transfer

1. Awali Bisnis Toko Online dari Passion Anda!
PassionMenariknya bisnis toko online adalah bisnis yang bisa dimulai tanpa modal: tanpa modal uang, tanpa modal kantor, tanpa modal kendaraan bahkan tanpa modal laptop sekali pun! Modal terbesar bagi bisnis toko online hanya satu: niat! Seberapa besar niat kita untuk setiap hari bertekun mengembangkan bisnis toko online kita. Oleh karena itu, untuk memiliki niat yang besar kita perlu memulai bisnis toko online dari bidang yang kita sukai, mulai dari apa passion kita. Karena penulis menyukai penampilan wanita yang cantik dan modis, akhirnya penulis bersama business partner memutuskan untuk terjun ke industri fashion wanita, khususnya tas wanita. Jika Anda suka memancing tentu Anda bisa memulai dengan membuka toko online yang menjual peralatan memancing, jika kita masih suka main mobil-mobilan maka kita bisa juga buka toko online yang menjual mobil-mobilan. Batasan produk atau jasa yang dijual toko online adalah imajinasi kita sendiri. Bahkan di Amerika Serikat sana ada banyak sekali toko online yang menjual kapling tanah di bulan! Salah satunya adalah toko online lunarregistry.com. Padahal para pembelinya hanya mendapatkan “sertifikat aspal” bahwa ia memiliki kapling tanah di bulan. Tentu memberikan hadiah berupa sertifikat tanah di bulan kepada pasangan kita merupakan hadiah terindah untuk membuktikan seberapa besar cinta kita kepadanya. Apa nanti sertifikat tanah ini bisa kita jual lagi? Tentu tidak, kan?

2. Mulai dengan Tes Pasar Terlebih Dahulu
Tes PasarSetelah kita menemukan apa passion kita, langkah selanjutnya sebelum memilih produk yang akan kita jual adalah melakukan tes pasar terlebih dahulu. Salah satu teknik riset pasar yang paling tradisional adalah teknik “jual gambar”. Teknik jual gambar adalah teknik sederhana yang sering dipraktekkan oleh para penjual properti dan mobil, propertinya belum dibangun sama sekali namun pembeli sudah dimintakan tanda jadi. Bahkan enaknya lagi, jika sang pembeli mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), penjual bisa langsung mendapatkan uang pembayaran secara penuh dari bank pemberi KPR padahal propertinya mungkin baru selesai dibangun 3-5 tahun lagi! Begitu juga dengan sales mobil, mobilnya masih inden 8 bulan, tapi pembeli mobil sudah diminta tanda jadi, penjual juga langsung bisa mendapatkan dana 100% jika pembeli mengajukan KPM (Kredit Pemilikan Mobil) ke bank. Hal yang serupa juga terjadi pada bisnis toko online. Inilah menariknya bisnis toko online, kita tidak perlu menanggung resiko barang tidak laku karena kita tidak perlu membeli barang satu pun sebelum barang tersebut laku! Enak banget kan? Strategi ini begitu sederhana, mencontek teknik penjual properti dan penjual mobil di atas, kita bisa memulai bisnis toko online dengan memajang gambar-gambar produk yang kita jual. Lalu, kita mulai membangun relasi dengan para supplier untuk memasok barang ke kita dengan harga pabrik atau harga reseller. Setelah kita mendapatkan harga yang paling bagus, barulah kita mulai memasang gambar-gambar produk tersebut di beserta harga jual dan cara pemesanannya di toko online kita. Jika nanti ada konsumen yang berniat membeli produk tersebut, konsumen tinggal kita minta bayar penuh terlebih dahulu lalu langkah berikutnya dengan mudahnya kita menghubungi supplier kita dan minta mereka kirimkan barangnya ke kita. Mudah sekali bukan? Apakah diperlukan dana ratusan juta untuk memulai sebuah toko online? Tentu tidak, kan? Yang paling diperlukan untuk memulai bisnis toko online adalah engine toko online yang berkualitas.

3. Kunci Kesuksesan Toko Online: Tips Memilih Engine Toko Online yang Berkualitas
JejualanJika kita tidak bergelut di dunia IT,tentu kita tidak mudeng cara membeli domain dan hosting serta proses instalasi dan setting script toko online. Baru membacanya saja tentu sudah membuat kita pusing keliling lapangan sambil koprol. Jadi kalau sudah begini, gimana solusinya dong? Tentu ada banyak penyedia jasa pembuatan toko online di luar sana, mulai dari harga gratis, harga teman hingga ratusan juta rupiah. Menentukan pilihan engine toko online inilah yang cukup sulit karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan baik dari segi teknis maupun non-teknis. Apakah kita akan menggunakan toko online produk luar negeri atau toko online buatan anak bangsa? Yang lebih sulit lagi, memilih layanan penyedia toko online kurang lebih seperti membeli kucing dalam karung. Jadi harus dicoba lebih dahulu minimal selama 2 minggu baru ketahuan isi karungnya seperti apa, apakah isinya kucing putih atau kecoak hitam? Hal ini tentu sangat berbeda kasusnya jika kita membeli harddisk external di Dusit Mangga Dua, yang mana kita bisa mengecek secara teliti kualitas barangnya. Apakah ada lecet ataukah masih mulus fisiknya? Apakah barangnya benar-benar masih baru atau sudah bekas pakai? Apakah benar barangnya sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan?
Sebaliknya, dalam memilih toko online yang bagus, barang/server-nya tidak secara fisik bisa langsung bisa dilihat di depan mata sang calon pembeli. Cukup sulit juga untuk untuk memastikan spesifikasi server yang digunakan benar-benar sesuai yang dijanjikan. Apakah memang benar server yang digunakan adalah server branded atau hanya server rakitan? Apakah memang benar 1 server hanya digunakan untuk 200 account toko online? Atau justru 1 server dijejalkan dengan ratusan bahkan ribuan account toko online? Kalau sudah begini, tentu akses ke toko online kita akan menjadi sangat lambat, akibatnya pengunjung toko online kita pun malas untuk melakukan transaksi pembelian. Berpindah-pindah layanan toko online juga bukan perkara mudah, sebab ibarat sudah berjualan di Pasar Senen tentu rempong kalau harus pindah lagi ke Pasar Minggu karena kita jadi harus repot memindahkan barang dan memulai dari awal lagi. Jadi supaya tidak repot, pastikan toko online yang kita pilih memang akan menjadi toko online untuk jangka waktu yang lama. Untuk mempermudah memilih toko online, ada 7 elemen penting yang harus kita review sebelum memilih sebuah toko online:


4. Kenapa Memilih Jejualan.com?

Setidaknya ada 7 elemen penting yang perlu dicermati dalam memilih toko online:

1. Harga yang Murah tapi Bukan Murahan
Harga

Pricing must be easy to understand. Dalam bisnis penyediaan toko online seringkali kita menjumpai paket-paket toko online yang beraneka ragam, antara toko online A dengan toko online B pasti paketnya berbeda. Harganya pun pasti berbeda. Misalnya, si A menawarkan Paket Murah dengan space 100MB dan bandwith 20GB dengan harga sekian, sedangkan si B menawarkan Paket Keren dengan space 200MB dan bandwith 10GB. Untuk membanding-bandingkan antarpaket yang ada dalam 1 perusahaan itu saja kita terkadang bingung. Apalagi jika harus membanding-bandingkan antarpaket dari perusahaan toko online yang berbeda, dalam jumlah yang banyak pula, amit-amit deh! Tentu hal ini akan semakin membuat kita pusing keliling bersama Ling-Ling. Jadi sebaiknya jangan terlalu terpaku pada harga yang murah, masih ada 6 elemen lain dalam memilih engine toko online yang jauh lebih penting daripada faktor harga.

Harga yang murah cenderung menggiurkan untuk pertama kali kita memilih toko online, namun untuk yang sudah terbiasa menggunakan toko online berkualitas, justru harga diletakkan pada daftar prioritas yang terakhir. Sekali lagi, prioritas ini yang menentukan adalah Anda sendiri. Prioritas setiap orang bisa berbeda-beda. Untuk apa Anda membeli toko online? Apakah hanya sekadar untuk eksistensi bisnis offline yang sudah berjalan atau memang toko online tersebut menjadi tumpuan harapan masa depan Anda?

Dengan harga mulai dari 60 ribu rupiah per bulan, penulis menemukan bahwa penyedia toko online, Jejualan.com, menawarkan harga yang bisa dibilang murah dan bersaing di antara penyedia toko online yang ada saat ini. Memang bagi para konsumen Indonesia yang price sensitive, price does matter! Harga yang murah tentu saja menggiurkan. Namun tentu tidak ada yang mau membeli apel busuk biarpun harganya murah sekali bukan? Sekali lagi, harga bukanlah segala-galanya, masih ada 6 elemen lain yang perlu kita cermati dalam memilih toko online.

2. Track Record Perusahaan
TrackTrack record perusahaan penyedia toko online merupakan salah satu elemen yang perlu dijadikan prioritas juga. Sebagian besar penyedia toko online di Indonesia belum memliki badan usaha maupun badan hukum karena masih merupakan bisnis perorangan atau bisnis sampingan saja. Perlu kita tanyakan, sudah berapa lama perusahana toko online tersebut berdiri? Jika usia perusahaan toko online tersebut baru 1-2 tahun tentu kredibiltas dan pengalamannya patut diragukan. Tidak sedikit pula perusahaan penyedia toko online yang awalanya menawarkan harga murah namun di tahun kedua sudah gulung tikar. Kalau sudah begini, usaha toko online kita yang sedang berjalan ikut terganggu juga deh.

Oleh karena pentingnya track record dalam pemilihan engine toko online, penulis menyarankan untuk memilih perusahaan penyedia toko online yang sudah berbadan hukum atau berbentuk PT (Persero Terbatas). Dalam hal ini, Jejualan.com sudah memenuhi persyaratan ini karena sudah berbadan hukum.

TimPastikan juga siapa founder dan manajemen perusahaan toko online tersebut, apakah memang mereka memiliki background dan kompetensi yang kuat di bidang penyediaan toko online? Tentu Anda tidak akan mendapatkan nasi goreng lezat dari orang yang sehari-harinya hanya berjualan sandal jepit bukan? Anda pasti mencari nasi gorang lezat dari tukang masak yang memang sudah berpengalaman bertahun-tahun memasak nasi goreng. Seiring perjalanan waktu, Jejualan.com sendiri sudah terbukti sebagai tukang masak toko online dengan pengalaman bertahun-tahun, jadi tentu jam terbang mereka sudah sangat tinggi dalam dunia per-toko online-an

3. Alamat Perusahaan Toko Online yang Jelas
AlamatSetelah track record perusahaan, tentunya alamat perusahaan penyedia toko online juga harus jelas! Pastikan alamat kantornya bukan hanya alamat virtual office yang sekarang marak. Cukup banyak perusahaan
toko online yang tidak menampilkan alamat kantornya atau memang tidak memiliki kantor secara fisik. Bisa jadi ini karena memang bisnis toko online tersebut masih dikelola secara perorangan, belum memiliki kantor dan hanya bermodalkan 1-2 server yang disewa dari perusahaan hosting lain. Anda tentunya tidak mau berbisnis dengan perusahaan abal-abal bukan?

Perlu diingat bahwa dalam memilih perusahaan penyedia toko online, layaknya mencari pasangan pendamping yang sifatnya jangka panjang. Anda tentunya tidak mau setiap bulan bergonti-ganti layanan toko online karena pelayanannya yang buruk bukan? Tentu itu akan sangat merepotkan bagi kelangsungan bisnis online Anda, Anda perlu berkali-kali melakukan back up dan upload ulang bila hal itu sering terjadi. Itu akan menjadi sebuah mimpi buruk buat Anda! Jejualan.com yang bermukim di kota Yogyakarta juga sudah mencantumkan alamat kantornya dengan jelas di websitenya.

4. Layanan Purna Jual yang Mumpuni
24Apa yang terjadi jika tiba-tiba terjadi error pada toko online Anda? Apa yang harus Anda lakukan ketika toko online Anda terserang virus atau diserang hacker? Pada saat genting tersebut, bagaimana caranya bisa berkomunikasi dengan technical support sang penyedia
toko online? Ada berapa banyak technical support yang siap siaga setiap saat ketika dibutuhkan? Apakah komplain bisa langsung ditanggapi secara real time? Atau perlu waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu baru Anda mendapatkan respon atas komplain Anda? Saya pribadi lebih menyukai berkomunikasi secara real time dengan technical support agar permasalahan yang ada bisa diselesaikan saat itu juga. Bisakah Anda bayangkan jika toko online sebesar Zalora mengalami masalah selama 1 jam saja, berapa banyak potensi penghasilan yang hilang? Jutaan? Milyaran? Tentunya pelanggan Zalora bisa dengan mudahnya beralih ke toko online yang lain, semudah menjetikkan jari pada papan keyboard mereka.

Tidak ada kompromi untuk layanan purna jual ini, karena memang inilah yang kita bayar. Jasa inilah yang sebenarnya kita bayar. Dan disitulah yang membuat harga toko online A bisa berbeda jauh dengan harga toko online B. Si A bisa saja menawarkan sepertiga harga si B namun jika si B tidak mampu memberikan layanan purna jual yang 24 jam selama 7 hari penuh sebaiknya kita tidak memilih mereka. Dari sisi layanan purna jual, Jejualan.com sudah memiliki layanan customer support 24 jam yang mumpuni.

5. Stabilitas Server
ServerTidak banyak yang sadar bahwa letak data center sangat penting. Menggunakan koneksi apa data center tersebut? Apakah stabilitas servernya terjaga? Bagaimana kualitas jaringannya? Berapa persen uptime-nya? Buat apa memilih yang murah jika servernya sering down? Dengan membandingkan stabilitas server antara perusahaan
toko online yang satu dengan yang lain, faktor harga menjadi tidak terlalu penting lagi. Datacenter haruslah memiliki koneksi yang cepat, stabil dan juga redundant!

6. Back Up Data
Back UpData-data Anda di perusahaan
toko online yang Anda sewa begitu berharga! Tentu Anda tidak mau menyimpan emas batangan di bawah kolng jembatan bukan? Pasti Anda akan menaruhnya di dalam brankas, bila perlu Anda menyewa deposit box di bank ternama agar keamanan aset Anda terjamin! Demikian pula dengan data Anda. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan penyedia toko online yang melakukan back up secara berkala, sebaiknya perusahaan penyedia toko online mau melakukan back up setiap hari untuk menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Crash bisa terjadi kapan saja! Ingat pepatah lama: sedia payung sebelum banjir. Jadi tanyakan berapa kali perusahaan penyedia toko online tersebut melakukan back up. Apakah setiap hari, setiap minggu atau hanya satu bulan sekali?

7. Portofolio Klien
Portofolio serta testimoni klien perusahaan
toko online juga sangat penting. Bisnis toko online yang bagus akan dengan cepat menyebar dari mulut ke mulut. Sebaliknya perusahaan toko online yang buruk juga akan menyebar dengan lebih cepat lagi Jadi pastikan bukan Anda klien pertama perusahaan penyedia toko online tersebut. Pastikan ada cukup banyak klien mereka yang memang cukup terkenal dan besar.

5. Gimana Caranya Mulai Berbisnis dengan Jejualan.com?

Fitur

Mudah sekali, langsung saja ngobrol-ngobrol dengan Customer Support-nya yang selalu siap sedia melayani Anda. Dengan memilih layanan Jejualan.com, nantinya Anda juga berhak mendapatkan ratusan fitur toko online yang sangat krusial, seperti: konsultasi dengan pakar e-commerce, perhitungan ongkos kirim otomatis, tampil di halaman pertama Google, notifikasi SMS ke handphone kita setiap terjadi penjualan di toko online kita serta fasilitas terima pembayaran dari mana pun. Semoga Anda beruntung berbisnis toko online dengan Jejualan.com. Berikut pengalaman pribadi menulis dalam mencoba mengdaftar dan menggunakan Jejualan.com versi GRATIS:

Coba Dulu, Baru Beli!
FREE TrialAlangkah indahnya jika kita akan membeli suatu produk atau jasa, kita bisa diberikan waktu yang cukup oleh sang penjual untuk mencoba terlebih dahulu produk atau jasa tersebut secara gratis. Sebelum membeli mobil, biasanya ada test drive gratis untuk menguji performa mobil tersebut. Begitu pula sebelum memilih layanan toko online, ada yang namanya free trial untuk menguji keperkasaaan toko online tersebut! Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menyewa layanan Jejualan.com, penulis sangat menganjurkan Anda sebagai calon pengguna toko online untuk mencoba versi gratisnya terlebih dahulu selama 15 hari. Lima belas hari adalah waktu yang cukup untuk memutuskan apakah layanan Jejualan.com memang berguna untuk kita atau tidak.

Hanya 20 Detik untuk Memulai Toko Online Gratis!
Dua puluh detik adalah waktu yang begitu singkat, namun ada saat-saat di mana 20 detik ini bisa mengubah hidup secara total dari seorang pengangguran menjadi seorang Pemilik Toko Online. Yup, 20 detik inilah yang mungkin saja menjadi tonggak lahirnya Zalora-Zalora baru di Indonesia. Apakah Anda mau menginvestasikan 20 detik dalam hidup Anda untuk mengambil langkah pertama tersebut atau melewatkan kesempatan emas ini begitu saja? Jika Anda memilih untuk menjadi pengusaha toko online, maka mulailah dari meng-klik gambar di bawah yang akan langsung membawa Anda menuju website Jejualan.com, buatlah toko online Anda sekarang juga!

20 Detik

Daftar Jejualan.com, Cukup 1 Langkah Saja!
DaftarTidak seperti penyedia toko online yang lain, proses pendaftaran Jejualan.com begitu mudah: cukup 1 langkah saja. Formulir pendaftaran dapat diisi dengan meng-klik gambar di samping. Hanya dengan mengisi 1 lembar formulir yang begitu sederhana, kita sudah dapat mencicipi toko online Jejualan.com secara gratis. Data-data yang diminta dalam formulir pendaftaran pun hanya ada 5 isian: nama, email, nomor HP, nama toko serta pilihan paket. Mudah sekali kan proses pendaftarannya? Proses pendaftaran memang sudah penulis buktikan hanya butuh waktu 5 detik, jauh lebih cepat dari yang dijanjikan Jejualan.com! Setelah mengisi formulir pendaftaran, kita langsung mendapatkan notifikasi berupa email dan SMS ke HP kita bahwa proses pendaftaran telah berhasil dan langsung dibuatkan alamat website toko online nya. Yang penulis miliki kini beralamat di: www.ladovashop.jejualan.com Berikut contoh email notifikasi dari Admin Jejualan yang penulis dapatkan tanda dimulainya perjalanan 15 hari free trial di toko online Jejualan.com!

Email Notifikasi Pendaftaran Berhasil

Email


Login ke Admin Panel, Saatnya Beraksi!
Dalam email di atas diberikan username, password serta link website untuk menuju ke halaman login Admin Panel. Pada halaman Admin Panel inilah kita bisa beraksi dan mengelola toko online milik kita sendiri. Tampilan Admin Panel-nya sangat sederhana dan tidak rumit jadi mudah dipahami oleh orang yang tidak bergerak di bidang IT sekali pun. Pada Admin Panel ini kita bisa melihat total order baru, total konfirmasi order, total order yang belum dikirim, total kontak baru serta testimonial baru yang dikirimkan pelanggan. Berikut tampilan Admin Panel-nya milik penulis:
Admin Panel

5 Langkah Mudah Mulai Berjualan Online
Pada halaman Admin Panel ini kita bisa langsung melihat bahwa ada 5 langkah mudah untuk mulai berjualan online, 5 langkah tersebut adalah:
a. Tambah Produk
b. Pilih Desain
c. Pembayaran
d. Pengiriman
e. Kontak
LangkahLangkah 1: Tambah Produk
Proses pengisian produk sangatlah mudah, kurang lebih sama seperti kita melakukan update blog. Untuk menambah barang baru yang akan dijual, cukup mengisi nama produk serta deskripsi produknya. Kita juga bisa menyertakan gambar produk agar calon konsumen bisa lebih jelas menggambarkan kondisi fisik produk tersebut. Berikut tampilan ketika penulis menambahkan 1 tas wanita baru ke dalam katalog produk.
Tambah Produk

Langkah 2: Pilih Desain
Setelah puas menambahkan barang-barang yang akan dipajang di toko online kita, saatnya untuk mempercantik tampilan toko online kita. Kita bisa memilih 7 pilihan desain yang sudah disediakan oleh Jejualan, mulai dari tema Langit Biru hingga tema Safir. Secara default toko online kita akan menggunakan desain Langit Biru, namun karena penulis berjualan tas wanita maka penulis memilih tampilan desain Safir. Begitu penulis memilih pilihan Safir maka saat itu juga seluruh tampilan toko online penulis berubah total dari tema biru ke tema ungu. Berikut contoh desain-desain yang bisa langsung diaplikasikan di toko online kita.
Desain

Langkah 3: Pembayaran
Ada 2 metode pembayaran yang bisa kita gunakan, transfer bank dan Paypal. Metode pembayaran transfer bank biasanya digunakan untuk konsumen dalam negeri sedangkan metode pembayaran Paypal lebih banyak digunakan oleh konsumen luar negeri. Untuk membuat akun Paypal, kita bisa membuatnya gratis di www.Paypal.com. Berikut tampilan metode pembayaran yang ada di Jejualan:
Pembayaran


Langkah 4: Pengiriman
Salah satu kegiatan toko online yang cukup memakan waktu adalah perhitungan ongkos kirim, apalagi jika konsumen kita berasal dari puluhan kota yang berbeda maka perhitungan ongkos kirim akan menyita waktu kita sehari-hari. Cukup merepotkan jika untuk mengecek harga ongkos kirim kita harus selalu membuka website perusahaan kurir yang kita gunakan, contohnya www.JNE.co.id. Yang lebih merepotkan lagi, setiap kali kita ingin mengetahui biaya ongkos kirim ke suatu kota kita wajib mengisi kode captcha terlebih dahulu, cukup memusingkan yah? Nah, dengan adanya fasilitas perhitungan ongkos kirim otomatis yang telah disediakan oleh Jejualan, kosumen bisa langsung mengetahui harga ongkos pengirimannya tanpa perlu bertanya ke kita lagi. Jadi mudah dan praktis kan? Berikut tampilan konfigurasi ongkos kirimnya:
Ongkos Kirim

Langkah 5: Kontak
Langkah ini merupakan langkah yang terakhir dan paling sederhana. Isi dari halaman kontak adalah nomor telepon dan email toko online kita supaya calon konsumen bisa menghubungi kita. Berikut tampilan halaman kontak ini:
Kontak

Kesimpulan Akhir
Sebagai kesimpulan, tentu saja Jejualan.com memenuhi 7 kriteria toko online berkualitas. Jadi jika Anda masih bingung mau memilih perusahaan penyedia toko online yang mana, maka saya menyarankan untuk memilih toko online di Jejualan.com.
Sekian review dari saya. Berikut tampilan LADOVA Shop yang baru setelah menggunakan toko online Jejualan:
Tampilan Akhir


TAGS toko online Add new tag jejualan


-

Author

Follow Me